Warga Asal Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang Meraih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2021 Dari Kemendikbudristek RI

(UJUNGKULON FM) – Abah Kalimi (83) Warga asal Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang meraih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2021 dengan Kategori Maestro Seni Tradisi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Penyerahan Penghargaan itu diberikan langsung oleh Sulistyo Tirtokusumo selaku ketua tim penilai Anugerah Kebudayaan Indonesia Kemendikbudristek RI didamping oleh Pj. Sekda Pandeglang Taufik Hidayat, dikediaman Abah Kalimi tepatnya di desa Malang Nengah Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang. Senin (20/12/2021)

Dalam kesempatan tersebut Sulistyo mengatakan, bahwa Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah sebagai bentuk apresiasi pemerintah bagi para pegiat seni di Indonesia.

“Abah kalimi asal Cibitung Pandeglang ini mengikuti Anugerah Kebudayaaan Indonesia, dan Alhamdulillah setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang, akhirnya beliau terpilih dan mendapat penghargaan tersebut dengan kategori Maestro Seni Tradisi Calung Renteng,” ucapnya.

Abah Kalimi mengaku sangat senang dan bersyukur karena mendapatkan Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2021 dari Kemendikbudristek RI.

“Alhamdulillah… Abah Bersyukur, bisa menang.” Ungkapnya.

Hal serupa juga di sampaikan oleh Rijal Mahfud dari Komunitas Boeatan Tjibalioeng, ia merasa sangat senang dan bangga atas Penghargaan yang di berikan kepada Abah Kalimi.

“Alhamdulillahirabbilalamin… Saya sudah sekitar 6 tahun lebih mengenal abah kalimi, jadi dulu tuh kita sempet ngadain acara diskusi bareng di huma abah dengan komunitas dari pandeglang dan anak muda, nama acaranya dialog utara selatan, dari situ muncul inisiatif-inisiatif untuk mendaftarkan abah kalimi menjadi calon maestro yang di adakan oleh kemendikbudristek RI. Dan alhamdulillah saya merasa bangga sekali guru saya, bapak saya bisa mendapatkan penghargaan ini.” Ucapnya.

Dalam ajang ini abah kalimi mampu mengalahkan 50 kandidat pegiat seni dari daerah lainnya di Indonesia. Dan sebagai bentuk apresiasi kepada abah kalimi, pemerintah memberikan dana sebesar 50 juta rupiah serta uang tunai sebesar 2 juta rupiah setiap bulannya seumur hidup. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 65 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*