Berbelanja Ditengah Pandemi Covid-19

Oleh: Muhamad Ansor Mubarok

(UJUNGKULON FM) – Belanja merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh semua orang, aktifitas ini rasanya sangat sulit dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari dalam situasi apapun termasuk pada saat Pandemi seperti sekarang. Ditengah Pandemi COVID-9 sekarang ini, berbelanja harus dilakukan dengan memperhatikan banyak hal sebagai bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk meminimalisir penularan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kita semua tahu langkah ini sudah lama digembar-gemborkan oleh pemerintah dan tenaga medis kepada masyarakat bahkan sebelum pandemi di Indonesia dimulai. Ini merupakan hal yang paling mendasar, namun nyatanya masih banyak sekali orang yang kurang kesadarannya untuk mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah termasuk saat berbelanja.

Ketika berbelanja, baik di pasar modern maupun tradisional kita harus memproteksi diri dengan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti memakai masker dan hand sanitizer, bahkan lebih baik jika menggunakan sarung tangan. Selain alat pelindung diri, kita juga harus tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan. jangan sembarangan menyentuh barang-barang yang ada di pasar, dan usahakan selalu mencuci tangan pakai sabun sehabis berbelanja dipasar.

Tepis anggapan bahwa berbelanja di pasar modern lebih aman dibandingkan di pasar tradisional. Meskipun pasar modern memiliki keamanan dan kebersihan yang cukup memadai dibanding pasar tradisional, tetap saja kita tidak boleh lengah karena sejatinya pasar adalah tempat umum yang tentu saja dalam aktifitasnya selalu terjadi kontak fisik dan melibatkan orang banyak.

Saat situasi sulit seperti sekarang, banyak hal yang berubah. Aktifitas sehari-hari tak lagi bisa dilakukan seperti biasanya, ada banyak pantangan dan tantangan. Sebagai masyarakat yang cerdas kita sudah sepatutnya sadar bahwa setiap aktifitas yang biasa kita lakukan, kini tidak bisa lagi dikerjakan secara sembarangan. Seperti berbelanja contohnya, ada adaptasi kebiasaan baru yang harus kita terapkan. Ikuti protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan, dengan begitu kita sudah menjadi pahlawan bagi banyak orang dan berbelanja menjadi lebih aman.

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*