BMKG: Waspada Cuaca Ekstrim Akibat Adanya Siklon Tropis

(UJUNGKULON FM) – Berdasarkan hasil analisis BMKG, Pada 24 Februari 2021 jam 13.00 WIB telah mendeteksi adanya Pusat Tekanan Rendah di wilayah perairan sebelah selatan Nusa Tenggara yang dapat berpotensi menjadi Bibit Siklon Tropis. Siklon Tropis atau lebih dikenal dengan angin puyuh atau badai tropis, dan juga dikenal sebagai angin ribut yang terjadi di daerah Tropis, Pantauan citra satelit cuaca 6 jam terakhir menunjukkan adanya aktifitas pertumbuhan awan konvektif dan terlihat juga pola konvektifitas yang kuat dari Bibit Siklon Tropis tersebut, sehingga kecepatan angin maksimum di sekitar sistem bibit siklon tropis tersebut berkisar 25 knots (46 km/jam), sehingga terjadi pembentukan pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera Selatan – Jawa – Nusa Tenggara dan secara tidak langsung dapat berdampak pada pembentukan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, selain itu dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa, Banten hingga Nusa Tenggara, Demikian disampaikan Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, M.Si. dalam jumpa pers di jakarta hari ini, Kamis, (25/02/2021).

“Untuk periode sepekan kedepan sampai 1 Maret 2021, BMKG memprakirakan potensi Cuaca Ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.”ungkap Guswanto.

Sementara itu menurut TARJONO
Koordinator bidang Data dan Informasi BMKG Serang, saat di hubungi Ujungkulon FM menjelaskan bahwa selain adanya Bibit Siklon Tropis juga adanya Fenomena La Nina yang masih cukup kuat, ditambah lagi saat ini lebih dari 95% wilayah Indonesia sudah dalam puncak musim penghujan, termasuk wilayah Provinsi Banten, yang diprediksi baru akan meluruh (melemah) sekitar bulan April 2021. Tetapi bukan berarti bulan Mei, Juni sudah tidak ada hujan, tetap ada hujan sesekali waktu dengan intensitas ringan hingga sedang. “jelas Tarjono. (DL/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*