Daerah Cibaliung dan Sekitarnya, Baru Terbentuk 14 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)

Noor Rochman (Kepala Perum Perhutani KPH Banten) *Dok. Ujungkulon FM

(UJUNGKULON FM) – Lembaga Ma­syarakat Desa Hutan (LMDH) adalah Lembaga Masyarakat Desa yang ber­batasan dengan kawasan hutan Negara (Perum Perhutani KPH Banten). LMDH dan pemerintah merupakan mitra yang beker­jasama dalam pengelolaan sum­ber daya hutan.

Bebe­rapa program pelestarian yang selama ini di sinergikan antara LMDH dan Perum Perhutani adalah : Perencanaan, Pe­ngelolaan, Pemeliharaan, dan Produksi, termasuk menjaga kelestarian serta keamanan ka­wasan hutan dari mulai ekologinya, Peningkatan ekonomi masyarakat, juga peningkatan hubungan sosial masyarakat.

Dan saat ini , dari 21 Desa di wilayah Cibaliung dan sekitarnya baru terbentuk 14 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), sisanya masih dalam proses,” kata Noor Rochman, Kepala Perum Perhutani KPH Banten, saat wawancara dengan Ujungkulon FM, di Kantor BKPH Cikeusik, Senin (14/9/2020).

Menurut Noor Rochman, ” Luas hutan yang berada dibawah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) wilayah Banten memiliki 79.400 hektar, 68.000 hektar diantarnya adalah sebagai hutan produksi, dan 10.500 hektar sebagai hutan lindung. Hutan produksi itulah yang dapat di kelola oleh masyarakat dengan ditanami berbagai macam tanaman yang produktif seperti : Padi, Jagung, Melinjo, juga termasuk tanaman buah buahan yang berjangka tahunan, Seperti : Durian, Cengkeh atau yang lain nya, jadikan Hutan kita ini sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat dan anak cucu kita kelak,” kata Noor Rochman.

Terakhir Noor Rochman, menghimbau kepada masyarakat untuk sama sama menjaga Hutan ini, jangan merusak dan menebang pohon sembarangan dan menjaga kelangsungan ekosistem nya. (DL/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*