Hati – Hati, Bahu Jalan Provinsi di Kecamatan Sumur Longsor Lagi

(UJUNGKULON FM) – Jalan Provinsi di Desa Sumberjaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tepatnya di depan kawasan Hunian Sementara (Huntara) kembali mengalami longsor, setidaknya dalam satu tahun terakhir ini sudah dua kali bahu jalan di sekitar lokasi tersebut mengalami longsor, meski sempat di perbaiki beberapa bulan yang lalu namun kini bahu jalan tersebut kembali longsor bahkan tambah lebar dan mengkhawatirkan.

Doni Sudoni (Aktivis Ujung kulon) turut angkat bicara menyikapi hal ini, Doni menyebut dugaan terjadi nya longsor di Bahu jalan tersebut bukan hanya di akibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, Melainkan ada faktor teknis yang jadi penyebab nya. ” kami yakin hujan bukan faktor utama terjadinya Longsor , akan tetapi ada beberapa faktor yang memang perlu ditinjau ulang dan mesti dievaluasi, bisa jadi dalam pembangungan nya tidak sesuai spesifikasi, contohnya Pemasangan Tembok Penahan Tanah (TPT) dalam pengerjannya kurang maksimal atau asal jadi, sehinga tanah di bahu Jalan tersebut mudah longsor. “terang Doni.

Doni meminta pihak terkait untuk segera melakukan peninjaun lokasi bahu jalan yang longsor tersebut, agar menjadi skala prioritas karena jika hal ini terus dibiarkan maka bisa mengancam terhadap keselamatan lalu lintas, dan ini sangat mengkhawatirkan”, tegasnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Adi Suhardi (Warga Desa Sumberjaya), “Pembangunan infrastruktur jalan menjadi skala prioritas pemerintah hal ini sangat beralasan lantaran jalan menjadi bagian urat nadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, Kalau ini di biarkan terus menerus dan tidak segera di perbaiki oleh pihak terkait, tentunya kami selaku masyarakat pengguna jalan sangat takut dan kwatir sekali jika melintas di jalur ini. Kami takut jalannya tiba-tiba putus jika tidak segera di perbaiki, tolonglah Dinas terkait untuk segera turun tangan menyelesaikan masalah ini ,” kata Adi.

Menurut pantauan di lapangan, Selasa (17/02/2021) ada sekitar tiga titik longsor di Bahu jalan tersebut dan belum terlihat ada upaya dari pihak terkait untuk memperbaikinya, ini jelas sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Mengingat jalan tersebut sering di lalui kendaraan pribadi dan kendaraan yang bermuatan berat.

Tim Ujungkulon FM berusaha menghubungi Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten M Tranggono terkait hal ini, namun telepon genggam yang bersangkutan sedang tidak aktif. (DL/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*