Mahasiswa Asal Cibaliung Budidaya Jamur Tiram : Berawal Dari Tugas Kuliah, Hingga Menghasilkan Pundi Rupiah

Rumah Jamur Tiram (Dok. Ujungkulon FM)

(UJUNGKULON FM) – Di tengah pandemi COVID-19, budidaya jamur adalah satu dari sekian banyak peluang usaha yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Namun ternyata kegiatan bertani  ini masih sangat jarang dilakukan oleh masyarakat di Ujung kulon, Pandeglang – Banten.

Yoga Al-Muhyi (21 tahun) seorang mahasiswa asal Cibaliung yang mengambil jurusan Agroteknologi di salah satu Perguruan Tinggi di Bandung sukses melakukan budidaya jamur yang sudah digelutinya secara serius sejak awal tahun 2020.

Yoga menuturkan kegiatan budidaya jamur ini sebetulnya sudah ia lakukan sejak tahun 2O15 saat masih duduk dibangku SLTA. Yang awalnya hanya membantu sang kakak, namun pada tahun 2017 kegiatan budidaya jamur pun dihentikan karena sang kakak beralih profesi. “Awal budidaya jamur tiram itu tahun 2015 waktu saya masih sekolah dulu, saat itu Cuma bantu-bantu kakak aja. Cuma sayang, tahun 2017 kakak beralih profesi dan kegiatan budidaya jamur terpaksa berhenti.” ucapnya kepada tim Ujungkulon FM. Sabtu, (26/9/2020).

Setelah vakum dalam jangka waktu yang cukup lama, akhirnya pada awal tahun 2020 Yoga mulai menggarap kembali budidaya jamur tiram secara serius. Ide untuk melakukan budidaya ini muncul karena adanya tuntutan tugas akhir perkuliahan, dimana ia merasa perlu melakukan budidaya jamur untuk mempermudah penelitian tugas akhir jurusannya.

Menurutnya di situasi pandemi seperti sekarang, budidaya jamur merupakan kegiatan yang sangat efektif dilakukan oleh masyarakat, karena selain untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari. Budidaya ini juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Banyak capaian yang Yoga raih setelah melakukan budidaya jamur ini, seperti di awal tahun 2020 ia mendirikan rumah jamur yang terletak di Kp. Kuparonyok, Desa Sukajadi Kecamatan Cibaliung, menciptakan bibit F0, F1, dan F2 setelah melakukan penelitian selama satu tahun di Cibaliung. Selain itu, ia juga berhasil meraih predikat finalis di ajang Competetion Business Plan M-BION 2020 yang diselenggarakan oleh UISI. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*