Populasinya Semakin Berkurang, Inilah Fakta Menarik Seputar Badak, Satwa Langka Nan Ikonik

Sumber : greeners.co

(UJUNGKULON FM) – Badak merupakan salah satu hewan purbakala yang jumlah dan populasinya tidak banyak di dunia. Pada momentum Hari Badak Internasional, ini di harapkan mampu meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat di seluruh dunia terhadap keberlangsungan hidup dan populasi Badak yang semakin hari semakin berkurang.

Selain merupakan hewan yang sangat langka dan Ikonik di dunia, ada beberapa fakta menarik seputar Badak  yang perlu kita ketahui. Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa fakta menarik seputar hewan berculai ini.

Hidup Di Bumi Sejak 50 Juta Tahun Lalu

Badak adalah salah satu hewan tertua dan hidup mendiami bumi kurang lebih sejak 50 juta tahun yang lalu, dahulu populasinya banyak tersebar diseluruh penjuru dunia, namun sayangnya sejak 100 tahun terakhir populasi Badak mengalami penurunan yang sangat drastis. Ini tentu saja, salah satu faktornya disebabkan oleh pemburuan liar yang dilakukan oleh manusia.

Hanya Tersisa 5 Spesies Saja Di Dunia

Saat ini, populasi Badak yang tersebar hanya menyisakan lima spesies saja dan dua diantaranya merupakan hewan endemik Indonesia yaitu Badak Jawa dan Sumatra. Tiga spesies lainnya tersebar di Afrika dan India, yaitu Badak Putih dan Hitam berada di Afrika, dan Badak Cula Satu di India.

Dua Spesies Ada Di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki dua spesies badak yang sangat terancam keberadaannya yaitu Badak Sumatra dan Badak Jawa. Badak Sumatra saat ini diperkirakan kurang dari 30 ekor saja di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatra. Sedangkan Badak Jawa, jumlah kumulatif menurut data Kementrian LHK diperkirakan mencapai 74 ekor termasuk dengan dua ekor Badak Jawa yang baru lahir.

Hewan Yang Berharga Dan Tak Ternilai Harganya

Badak adalah hewan yang tak ternilai harganya dan harus kita jaga. Keberadaanya tentu saja akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kita semua, terutama manfaaatnya bagi ekologis dan pariwisata.

Hari ini Selasa, 22 September 2020 merupakan momentum bagi kita semua, sudah sepantasnya setiap individu manusia memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam menjaga keberadaan flora dan fauna demi kestabilan alam Indonesia dan dunia. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*