Tahapan Kampanye Pilkada Pandeglang Akan Segera Digelar, Netralitas ASN di Pertaruhkan

Febri Setiadi (Koordinator Pemantau JRDP Kab. Pandeglang)

(UJUNGKULON FM) – Tahapan Kampanye Pilkada serentak lanjutan pada Pemilhan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Tahun 2020 tinggal menghitung hari, namun sejumlah persoalan yang kerap muncul dalam kampanye selalu menjadi perhatian, salah satunya yaitu mengenai Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemantau Pemilihan Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP) Pandeglang merilis soal kerawanan di tahapan kampanye, salah satunya adalah keterlibatan ASN dalam politik praktis baik di tingkatan daerah maupun di tingkat vertikal kementrian.

Menurut Koordinator Pemantau JRDP Pandeglang Febri Setiadi, mengatakan bahwa sebagaimana UU No 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara Pasal 9, pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. “Jadi posisi ASN harus Netral, sesuai dengan UU No.5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, pada pasal 9 disebutkan bahwa ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.” Ucapnya kepada tim Ujungkulon FM. Rabu, (23/9/2020).

Masih melekat dalam ingatannya ketika mengungkap perilaku oknum ASN di kabupaten Pandeglang yang sangat terlihat. Seperti yang dilakukan oleh salah seorang Camat di kabupaten Pandeglang yang mengajak warga untuk ikut mendukung salah satu pasangan calon di sela-sela kegiatan penyaluran BLT DD di salah satu desa, jelas hal ini tidak di benarkan dan bertentangan dengan undang undang.

Febri juga menambahkan, bahwa bukan hanya ASN saja yang menjadi perhatian, tetapi pihaknya juga memberikan peringatan kepada Kepala Desa/Lurah atau sebutan lain untuk tidak ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilihan kepala daerah. Sebagai mana secara tegas di atur dalam UU No 6 tahun 2014 pasal 29 point j. Bahwa untuk memberikan pelayanan secara maksimal terhadap masyarakat, Kepala Desa tidak boleh melakukan politik praktis. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*