Tiga Sirine Pendeteksi Dini Tsunami Provinsi Banten Rusak

(Sumber : Mir/BantenNews.co.id)

(UJUNGKULON FM) – Tiga sirine pendeteksi dini tsunami yang ada dibeberapa titik perairan Provinsi Banten mengalami kerusakan, hal ini diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi Banten.

Provinsi Banten merupakan salah satu daerah yang dapat terdampak oleh tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa berdasarkan hasil riset peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah diterbitkan melalui jurnal Nature Scientific Report.

Namun sayangnya, menyusul informasi prediksi terjadinya tsunami tersebut, tiga dari delapan alat peringatan dini tsunami atau Early Warning System (EWS) yang dipasang dan tersebar di perairan Banten mengalami kerusakan.

Tiga sirine tsunami yang mengalami kerusakan tersebut dipasang dibeberapa titik di Provinsi Banten yaitu berada di Kecamatan Labuan, Kecamatan Panimbang, dan Kabupaten Pandeglang.

Pemanfaatan sirine pendeteksi tsunami tersebut merupakan hal yang sangat vital dilakukan, selain mitigasi bencana dalam menghadapi dampak-dampak yang diakibatkan oleh tsunami jika terjadi.

Dikutip dari BantenNews.co.id, BPDB provinsi Banten telah mendorong Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar segera memperbaiki alat peringatan dini terjadinya tsunami tersebut. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*