Ulang Tahun Yang Ke-20, Inilah 5 Fakta Menarik Provinsi Banten

Sumber (Foto: instagram/@wh_wahidinhalim)

Tanggal 4 Oktober merupakan hari paling bersejarah bagi masyrakat banten, dimana 20 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal tanggal 4 Oktober 2000, Banten resmi memisahkan diri dari Jawa Barat dan ditetapkan sebagai salah satu provinsi Indonesia melalui Rapat Paripurna DPR-RI. Sama seperti Provinsi lain, Provinsi Banten juga memiliki banyak keistimewaan yang mungkin saja jarang diketahui. Dilansir dari faktadaerah.com, berikut  5 fakta menarik seputar Provinsi Banten.

Memiliki Makanan Khas dengan Cita Rasa yang Unik

Tak kalah dengan daerah lain, provinsi yang terletak di ujung Pulau Jawa ini menawarkan banyak hidangan kuliner khas yang memiliki  cita rasa kaya dan unik yang tentu saja menambah kekayaan kuliner bumi nusantara. Salah satu kuliner yang paling terkenal dan tidak asing di telinga kita semua adalah Sate Bandeng, selain itu Provinsi Banten juga memiliki kuliner lain yang mampu menggetarkan lidah bagi siapapun yang mencobanya, seperti Angeun Lada, Nasi Sumsum, Kue Jojorong, Ketan Bintul, dan Rabeg.

Memiliki Flora dan Fauna yang Beragam

Selain kekayaan kulinernya, Provinsi Banten juga kaya akan keanekaragaman Flora dan Fauna, bahkan beberapa diantaranya sudah diakui dunia. Provinsi Banten merupakan rumah bagi beberapa hewan endemik Indonesia salah satunya adalah Badak Jawa yang habitat aslinya berada di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang. Banten juga memiliki beberapa tanaman diantaranya Kekoleceran (Vatica Bantanmensis), Asem Ranji (Dalium Indum L.), dan Jambu Air Cingcalo Gondrong (Eugenia Sp.).

Terdapat Suku Pedalaman yang Unik

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku disetiap daerahnya, salah satu suku pedalaman yang sangat unik ada di Provinsi Banten. Siapa yang tak mengenal Suku Baduy? Hampir semua orang di Indonesia mengetahuinya, Suku Baduy merupakan suku pedalaman yang sangat unik dan masih bertahan sampai saat ini.

Saksi Bisu Kejayaan Agama Islam

Provinsi Banten dikenal sebagai salah satu provinsi yang masyarakatnya sangat religius, hal ini terjadi tentu saja bukan tanpa sebab, jika melihat sejarahnya di masa penjajahan Belanda, Provinsi Banten memiliki kerajaan Islam yang keberadaannya cukup diperhitungkan.

Gubernur Wanita Pertama di Indonesia ada di Banten

Siapa sangka gubernur wanita pertama di Indonesia ada di Provinsi Banten, Ratu Atut Chosiyah merupakan peminpin wilayah perempuan pertama di Indonesia, beliau menjabat sebagi gubernur sejak tahun 2007 sampai 2014. Sayangnya, gubernur perempuan pertama tersebut tersandung kasus korupsi.

Itulah 5 fakta menarik seputar Provinsi Banten. Di moment hari ulang tahunnya yang ke-20 ini, semoga Provinsi Banten menjadi lebih maju, baik dari segi pembangunan, ekonomi, social, dan budaya. Selamat Hari Jadi Provinsi Banten ke 20 Tahun. (JT/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*