(YBM) PLN Segera Bangun Rumah Bersalin di Ujung Kulon

(UJUNGKULON FM) – Minimnya sarana transportasi dan Jalan yang hancur di wilayah ujung kulon menjadi kendala yang cukup serius bagi masyarakat sekitar dalam menjalankan aktifitas dan kegiatan sehari hari, terutama bagi tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas melayani pasien nya sangat terhambat akibat kondisi tersebut. Hal ini juga dirasakan oleh Bidan Fiqoh seorang bidan desa yang bertugas di desa tunggal jaya kecamatan sumur kabupaten pandeglang,

“untuk menuju Puskesmas Kecamatan Sumur butuh waktu hingga satu jam kadang lebih, dan bahkan terkadang untuk merujuk para pasien dari salah satu desa yang ada di ujung kulon, kami harus menggunakan mobil bak terbuka karena minim nya sarana transportasi, sehingga banyak ibu hamil yang terpaksa melahirkan di rumahnya karena jarak dan perjalanan yang terlalu jauh serta kondisi jalan yang hancur.” ungkap Fikoh.

Karena hal itulah dan juga untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak ketika melahirkan , maka YBM (Yayasan Baitul Maal) PLN (Perusahaan Listrik Negara) memberikan Hibah berupa Pembangunan Rumah Bersalin, yang berlokasi di Desa Tinggal Jaya kecamatan Sumur, Rumah Bersalin yang di beri nama Nurul Afiat ini nanti nya dapat di manfaatkan oleh masyarakat Desa Tunggal jaya dan sekitarnya.

“Pelayanan di Rumah Bersalin Nurul Afiat ini nanti akan mengratiskan biaya pemeriksaan dan obat bagi para masyarakat yang tidak mampu, kata Deputi Direktur II YBM PLN Ahmad Mujahid kepada Ujungkulon FM, saat acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Bersalin Nurul Afiat, Kamis (04/03/2021).

Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN adalah lembaga zakat berbasis korporat yang mengelola dana zakat para pegawai muslim PLN, yang setiap bulannya dengan ikhlas dipotong 2,5%. Rumah bersalin ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kami dari pilar kesehatan. Semoga dengan adanya rumah bersalin di Desa Tunggaljaya ini dapat membantu mengurangi angka kematian ibu dan anak ketika melahirkan. Minta doanya bapak dan ibu sekalian agar PLN terus maju, para pegawainya diberikan kesehatan dan keberkahan selalu, ” Ujar Ahmad Mujahid saat memberikan sambutan.

Acara tersebut dihadiri oleh Pengurus YBM PLN UID Banten Dian Sundayana Sukandar beserta jajaran, Deputi Direktur II YBM PLN Ahmad Mujahid beserta jajaran, Kepala Puskesmas Sumur Eha Julaeha Syah, Kepala Desa Tunggaljaya yang diwakili oleh Sekretaris Desa.

Eha julaeha dalam sambutannya mengungkapkan “Saya mewakili pihak puskesmas kecamatan Sumur mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan Rumah Bersalin Nurul Afiat. Ini semua seperti mukjizat dari Allah, alhamdulillah ada yang membangunkan fasilitas kesehatan. Karena saya terkadang miris dengan bidan-bidan desa saya yang harus merujuk pasiennya dengan menggunakan gerobak atau mobil losbak untuk ke puskesmas. Dengan adanya rumah bersalin di Desa Tunggaljaya ini semoga warga kami lebih sehat lagi dan mereka lebih dekat mengakses fasilitas kesehatan karena lebih dekat”, ungkap Eha.(DL/Red)

About REDAKSI UJUNGKULON FM 62 Articles
- dari ujungkulon untuk indonesia -

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*